Delai zahra

 Ruang lingkung Kehumasan

A.Ruang Lingkup Hubungan Masyarakat (Humas)

1.Pengertian Humas

Humas, yaitu praktik pengelola penyebaran informasi antara individu atau organisasi yang dsn masyarakat. Pengertian lain dari humas adalahh seni menciptakan pengertian publik yang baik (good will) sehingga bisa memperdalam tingkat kepercayaan publik terhadap suatu ndividu/organisasi. 

a. Menurut The Public Relations ssociety of Amerika 

 Humas  merupakan orang, membantu organisasi untuk bisa mendapatkan ,sama dengan sekelompok orang, membanatu organisasi melaksanakan interaksi yang efektif,seerta melakuakan aktivitas komunikasi dengan publik utama.

b. Menurut The British institute of Public Relations

Humas adalah usaha terencana dan berkesinambungan yang dilaksanakan untuk membina dan memelihara iktikad baik ataupun pengertian bersama di lapisan organisasi dengan masyarakatnya.

c. Menurut Howard Bohham

Humas adalah suatu seni untuk mencipatakan pengertian publik yang lebih baik untuk meningkatkan kepercayaan publik pemberdayaan lebih tinggi terhadap sebuah lembaga atau organisasi.

Dapat di simpulkan bahwa public relations merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang di rencanakan dan dijalnakan secara berkesinambungan pleh organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi yang di pergunakan untuk memperoleh  dan membina saling pengetian, simpati, dann  dukungan dari mereka yang ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya dengan cara menilai opini publik, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan dan ketatalaksanaan guna mencapain kerja sama yang lebih produktif dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien dengan kegiatan penerangan yang terencana dann tersebar luas.

Ada empat ciri utama humas yang di sebut sebagai krakteristik hmas, sebagai berikut.

 a). Adanya upaya komunikasi yang bersifat dua arah 

 b). Sifatnya yang terencana

c). Berorientasi pada organisasi/lembaga

d). Sasarannya adalah publik 

2. Perkembangan humas di indonesia

 Sejarah perkembangan humas di indonesia secara konsepsional terjadi pada tahuan 1950-an.

 Saat itu berdiri  organisasi humas pertama kali di prusahaan perminyaakan negara (Pertamina). Adanya divisi HUPMAS (Hubungan Pemerintah dam masyarakat) Pertamina ini sangat penting dalam upayaya menjalin hubungan komunkasi timbal balik dengan pihak klien, relasi bisnis, perusahaan swasta/BUMN/asing,dan masyarakat.

Rosady Ruslam,S.H.,M.M. membagi perkemabangsn humas di indonesia dalam empa priode,sebagai beikut.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar